Jumat, 01 Agustus 2014

MATERI DASAR PBB : GERAKAN DASAR

Gerakan dasar adalah gerakan pokok dalam  suatu barisan yang merupakan inti dari seluruh kegiatan baris-berbaris .
    MACAM-MACAM GERAKAN DASAR
  1.           Sikap sempurna
  2.           Sikap istirahat
  3.           Periksa kerapihan
  4.           Lencang kanan/kiri
  5.           Lencang depan
  6.           ½ lencang kanan/kiri
  7.           Hadap kanan/kiri
  8.           Hadap serong kanan/kiri
  9.           Balik kanan
  10.           Jalan ditempat
  11.           Bubar dan kumpul

GERAKAN PERORANGAN
a1. Sikap sempurna
Aba-aba : siap = gerak ...!!!
Pelaksanaanya :badan/tubuh berdiri tegap, kedua tumit rapat dan telapak kaki membentuk sudut 450, lutut lurus, paha dirapatkan berat badan dibagi atas dua kaki, lengan rapat pada bagian badan dan dirapatkan pada paha lurus dengan jahitan celana /rok, pergelangan lurus dijari-jari tangan menggenggam tidak terpaksa dan punggung ibu jari menghadap kedepan, leher lurus, dagu ditarik sedikit kebelakang, mulut ditutup, mata memandang lurus lurus mendatar kedepan pada satu titik (pada bagian belakang leher teman yang ada didepannya) dan bernafas sewajarnya.

b2. Sikap istirahat
Aba-aba : istirahat ditempat = gerak ...!!!
Pelaksanaannya : kaki kiri dipindah kesamping kri dengan jarak sepanjang telapak kaki atau selebar bahu ± 30 cm. Kedua belah tangan diangkat belakang diatas sabuk, kemudian tangan kanan dikepalkan,tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan.

c3. Periksa kerapihan
Maksud periksa kerapihan itu sendiri untuk merapihkan perlengkapan yang dipakai anggota pada saat itu pasukan dalam keadaan istirahat.
Aba-aba : periksa kerapihan = mulai... !!!
Pasukan secara serentak mengambil sikap sempurna. Pada saat aba-aba pelaksanaan dengan serentak membangkitkan badan masing-masing, mulai memeriksa atau membetulkan perlengkapannya dari bawah ujung kaki keatas sampai ke tutup kepala dimuali dari sebelah kiri lalu kanan. Setelah yakin sudah rapih , masing-masing anggota pasukan mengambil  sikap sempurna.kemudian komandan pasukan mengambil aba-aba SELESAI. Dengan serentak pasukan mengambil sikap istirahat kembali.

d4. Lencang kanan/kiri
Aba-aba : lencang kanan/kiri = gerak ...!!!
Pelaksanaan : gerakan ini dijalankan dalam sikap sempurna.
Pada aba-aba pelaksanaan semua mengangkat lengan kanan/kiri kesamping kanan/kiri, jari-jari  tangan kanan/kiri menggenggam punggung tangan menghadap keatas.
Bersamaan dengan ini kepala dipalingkan ke kanan/kiri dengan  tidak terpaksa kecuali punjuru paling kanan/kiri menghadap kedepan.
Masing-masing meluruskan diri hingga dapat melihat dada orang-orang yang berada disebelah kanan/kiri sampai kepada penjuru kanan/kirinya. Jarak kesamping harus sedemikian rupa, hingga masing-masing jari-jari menyentuh bahu kanan/kiri orang yang berada disebelahnya.
Contoh:
-          Jika bersyaf tiga, maka bagi mereka yang berada di syaf tengah dan belakang kecuali pejuru, setelah meluruskan kedepan dengan pandangan mata, ikut pula muka memalingkan kesamping kanan/kiri dengan tidak mengangkat tangan.
Penjuru pada saf tengah belakang mengambil antara kedepan sepanjang satu lengan di tambah dua kepal dan setelah lurus menurunkan tangan.
Setelah masing-masing dirinya berdiri lurus dalam barisan, maka semua berdiri ditempatnya dan kepala tetap di palingkan ke kanan/kira.
Semua gerakan di kerjakan dengan badan tegak seperti dalam sikap sempurna.
Pada aba-aba :tegak = gerak
Semua anggota dengan serentak menurunkan lengan dan memalingkan muka kembali kedepan dan berdiri dalam sikap sempurna.

-          Untuk meluruskan saf dalam barisan dari sebelah kanan atau kiri pasukan harus bisa menitik beratkan kepada kelurusan tumit (bukan ujung sepatu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar