Jumat, 01 Agustus 2014

MATERI DASAR PBB

PERATURAN BARIS-BERBARIS (PBB)

Peraturan Baris-Berbaris merupakan suatu bagian yang menjadi ciri khas dari organisasi pasukan pengibar bendera (PASKIBRA). Peraturan baris-berbaris mengatur setiap gerakan yang dilakukan seseorang atau kelompok dalam barisan yang disahkan melalui surat keputusan panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Nomor: SKEP/611/x/1985.

Landasan hukum Baris-Berbaris
  1. Undang Undang Dasar 1945 pasal 30.
  2. UU No.20 tahun 1982.
  3. Keputusan Menteri P dan K No.0461/U/1984.

Pengertian baris berbaris adalah suatu latihan fisik yang diperlukan menanamkan rasa disiplin, mempertebal semangat dan rasa kebangsaan, patriotisme serta tanggung jawab yang tinggi bagi para siswa sehingga diperoleh sikap lahir (ketegapan, kelincahan, ketrampilan, disiplin, keikhlasan, berkorban, kesetiaan dan persatuan) yang diharapkan serta menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu.


Maksud dan tujuan dari PBB dibagi mejadi 2, yaitu:                                                 1. Maksud umum adalah suatu latihan awal bela negara dan dapat membedakan hak dan kewajiban.
2. Maksud khusus adalah menanamkan displin, mempertebal rasa semangat kebangsaan, patriotisme dan       kebersamaan sehingga tercipta tanggung jawab yang tinggi.

Tujuan dari PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa persatuan,disiplin sehingga dengan senantiasa dapat mengutamakan kepentingan individu, dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas ialah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok tersebut yang sempurna. Rasa persatuan ialah rasa senasib sepenanggungan serta ada ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Disiplin ialah mengutamakan kepentingan diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain daripada keikhlasan, menyisihkan/penyisihan hati sendiri. Tanggung jawab ialah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan yang akan dapat merugikan kesatuan.

Terdiri dari 3 Materi Dasar   :
1. Aba - aba
2. Gerakan dasar
3. Variasi dan Formasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar